Minggu, 16 Maret 2014
Pemrograman J2ME (Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile
J2ME atau Java Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar seperti enterprise.
Dalam buku ini akan dibahas bagaimana J2ME itu sendiri serta aplikasinya dengan menggunakan contoh-contoh program yang dapat digunakan sebagai latihan. Buku ini masih menggunakan CLDC 1.0 dan MIDP 2.0 sebagai standar, karena saat ini masih lebih banyak ponsel yang mendukung CLDC 1.0 dan MIDP 2.0. Berbagai tools yang digunakan dalam aplikasi dari buku ini bersifat open source sehingga lebih memudahkan pembacanya untuk membuatnya sendiri.
Buku ini dibuat dengan tujuan para pembacanya yang tertarik dalam pemrograman Java dapat memahami teknologi Java pada Literatur J2ME selama ini banyak dituis menggunakan bahasa Inggris, yang kemungkinan sulit untuk dipahami kalangan umum di Indonesia, oleh karena itu penulis mengemasnya dalam bahasa Indonesia sehingga akan mudah dipahami oleh kalangan dalam negeri yang tertarik untuk mendalami maupun mengerti teknologi Java pada ponsel.
Materi yang dibahas pada buku ini adalah:
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Pembahasan Umum Java.
1.1.1 Java.
1.2. Java2 Standard Edition (J2SE)
1.3. Java2 Micro Edition (J2ME)
1.3.1. Pengertian J2ME
1.3.2. Connected Limited Device Configuration (CLDC)
1.3.3. Connected Device Configuration (CDC)
1.3.4. Mobile Information Device Profile (MIDP).
1.3.5. Kilobyte Virtual Machine (KVM)
1.3.6. C-Virtual Machine (CVM).
1.3.7. MIDlet.
1.3.7.1 Daur Hidup MIDlet.
1.3.7.2 Atribut MIDlet.
1.3.8. JAD (Java Application Descriptor)
1.3.9. OTA (Over The Air)
1.4. J2ME Wireless Toolkit.
1.4.1. Membuat dan Membuka Aplikasi
1.4.2. Setting.
1.4.3. Cara Menjalankan Aplikasi.
BAB 2 KOMPONEN-KOMPONEN J2ME
2.1. Display
2.2. Displayable.
2.3. Screen.
2.4. Canvas
2.5. Graphics
2.6. Font
2.7 Command
2.8. List
2.9. Alert
2.10. Ticker
2.11. TextBox.
2.12. Form.
2.13. Item
2.14. TextField.
2.15. ChoiceGroup.
2.16. DateField.
2.17. Gauge.
2.18. Image.
2.19. ImageItem
2.20 StringItem
2.21. CustomItem
2.22. Fungsi-fungsi pada Kelas MIDlet
BAB 3 MEMBACA FILE TEKS.
BAB 4 RECORD MANAGEMENT SYSTEM (RMS)
4.1. Mengurutkan Record
4.2. Menyeleksi Record
BAB 5 KONEKSI.
5.1. Parsing XML.
5.2. Thread.
5.3. Stream
5.4. Koneksi Socket.
5.4.1. Server
5.4.2. Klien
5.5. Koneksi Datagram.
5.5.1. Server.
5.5.2. Klien
5.6. Koneksi Bluetooth
5.6.1. Server.
5.6.2. Klien
5.7 Koneksi HTTP
BAB 6 MENGIRIM PESAN.
6.1. SMS (Short Messaging Service).
6.1.1. Mengirim SMS.
6.1.2. Menerima SMS
6.2. MMS (Multimedia Messaging Service).
6.2.1. Mengirim MMS.
6.2.2. Menerima MMS
BAB 7 PROPERTI.
7.1. Properti Media
7.2 Properti MIDlet.
7.3 Properti Sistem
BAB 8 MEDIA
8.1. Memainkan File Musik
8.2. Memainkan Tone.
8.3. Akses Kamera
8.4. Memainkan File Video.
BAB 9 GAME SEDERHANA.
9.1. Akses Tombol untuk Game
9.2. Manipulasi Gambar pada Game
9.3. Contoh Game Sederhana.
BAB 10 TROUBLESHOOTING.
Daftar Istilah.
Daftar Library.
Daftar Pustaka
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar